Seni Bela Diri


beksi3

Assalamualaikum wr.wb

Ada sedikit cerita,kapan dan oleh siapa saya diajarkan seni beladiri ini?… Lanjut

Diusia yang masih dini sekitar 10 tahunan dan waktu itu saya duduk dikelas 4 SD tepatnya di MI cipasung 1 Singaparna Tasikmalaya,saya sudah mulai diajarkan seni beladiri ini oleh bapak saya sendiri sebut saja namanya bpk Endang, beliau masih ada dan masih sehat. Sebelum saya diajarkan beladiri ini beliau juga pernah mengatakan kpda saya, Apakah kamu mau bpk ajarkan silat gk? cuma itu pertanyaan bpk saya, Kalau mau hayu kita belajar klo gk ya udh gpp,akhirnya saya berpikir iya deh pak saya mau sembari senyum padahal saya juga ragu2 karna saya masih suka maen jarang ada dirumah,maklum lah blum bisa berpikir lbih matang heeee.. akhirnya tibalah malam yg pertama kalinya saya diajarkan jurus2 oleh bpk saya,dan sesudah selesai saya dan bpk saya istirahat,dan bpk mengatakan kpda saya’ ingat km bpk ajarkan silat ini bukan untuk berantem dan main2,ini silat untuk membela diri kamu dimana nnti klo ada bahaya atau ada orng yg mau iseng sama kita barulah km gunakan apa yg sudah bpk ajarkan ke km,itulah gunanya silat/beladiri. singkat kata mulailah saya remaja dan waktu terus berlalu latihanpun harus semakin giat, pada waktu itu mulailah ada beberapa teman yg ingin belajar seni beladiri dan bpk pun setuju asalkan benar2 belajar dan akhirnya saya dan teman2 sya mulai berlatih giat dan kita sama2 sering diuji untuk kematangan beladiri kita masing2. singkat kata pada waktu itu bpk sakit selama 1 bulan dan tidak bisa mengajarkan jurus2 yg lainnya,saya hanya bisa berdoa untuk kesembuhan bapak dan bisa latihan lagi seperti semula,dan akhirnya teman2pun mulai berpencar dan jarang bertemu lagi sampe sekarang jurus2 yg hanya bisa bpk saya ajarkan cuma beberapa jurus diantaranya:

1. Jurus Beksi
2. Jurus Gedig
3. Jurus Tancep
4. Jurus Ganden
5. Jurus Kebut
6. Jurus Broneng
7. Jurus Beksi Satu
8. Jurus Ganden Susun
9. Jurus Tingkes
10. Jurus Silem
11. Jurus Timpug
12. Jurus Tunjang/Petir

Jurus2 diatas ini bpk saya dapatkan dari murid Alm Kong Haji Hasbullah, sewaktu bpk saya masih bujangan dan berkelana di Jakarta dan sekarang bpk saya sudah menetap di kota Tasikmalaya.

Konon katanya Kong Has juga pernah mengajarkan silat Beksi kepada H. Rhoma Irama dan turut berperan dalam film “Darah Muda” sebagai kakek sekaligus guru silat pemeran utama. Bila ingin melihat sosok Kong Has dan gerakan silat Beksi bisa mencari film tersebut.

Cukup sekian cerita dari saya kurang Lebihnya saya mohon maaf , selebihnya kita harus selalu mensyukuri apa yg allah berikan kepada kita ,jngn kita sombong dan takabur itu semuanya hanya milik allah.

Terimakasih atas partisipasinya Salam sahabatsilat

19 comments on “Seni Bela Diri

  1. asalamualaikum….

    salam persilatan…
    saya sangat tertarik,dengan wab di atas dan vidionya..klw bisa yng lebih bgs yaa..
    soalnya aku seneng bangett lihat vidio di atas

    thx sobat,…

    wasalam

    (Jawaban Kang Yudi)
    waalaikumsalam wr.wb
    owh makasih banyak bang atas komentarnya dan sarannya,insya allah akan saya perbaiki kembali untuk melestarikan budaya2 kita, dan Salam SahabatSilat dari saya…

  2. Alhamdullilah ,silat masih ada dibumi nusantara, bila dilihat dr usianya silat mulai tergusur dg teknologi dan gemerlap dunia. Akankah silat musnah dan hilang dr bumi nusantara? Jawabnya ada pada kita generasi muda.

  3. assalamu’alaikum….

    kami beksi tradisionala beksi h.hasbullah dibawah pimpinan bpk sabenuh yang kebetulan adalah anak/menantu dari kong h.hasbullah…

    terima kasih

  4. Assalamu’alaikum wr wb
    Salam persaudaraan untuk semua saudara pesilat . . . Pak Haji keren abiz . . . Kebetulan Puz juga termasuk warga dari pesilat SH, so i love silat, lebih mengena dengan hati dan amalan2 yang di dapat juga berguna untuk menjalin persaudaraan sebangsa n setanah air, warisan budaya yang tak akan pernah punah . . . hidup para pesilat!!!

  5. ass ww,

    salam kenal kang yudi,

    kang yudi, saya minta tolong, punya koleksi lagu lagu oma irama yang kalsik nggak, waktu masih diirningi oleh OM Purnama, sebelum soneta terbentuk

    dan satu lagi

    dimana saya bisa belajar silat beksi

    trimakasih sebelumnya kang…

  6. Maaf, saya salah 1 yg mempelajari silat Beksi Kong Has. Rumah saya di Petukangan (pesanggrahan) deket sama Rumah Kong Has. Salam kenal aja ya, dan kalu ke Jakarta boleh maen2 ke tempat saya. kebetulan di rumah saya smp sekarang masih rutin diadakan latihan setiap malam Sabtu dan malam Senin.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.