SONETA GROUP dan GODBLESS “DAMAI DIUJUNG TAHUN”


Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih
Sumber Artikel Fb : Clipie Saleh

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang di panggung dan orang memainkan alat musik

SONETA GROUP dan GODBLESS
“DAMAI DIUJUNG TAHUN”
Istora Senayan,31 Desember 1977

melihat foto-foto ini,Bang Haji Oma begitu atraktif saat berduet dengan Ahmad Albar, tanpa menenteng Gitar.
Kira – kira nyanyi bareng untuk Lagu apa ya ?
..Beruntung sekali yg bisa saksikan langsung saat itu …

Berikut ulasan Alvin Yunata dari Irama Nusantara ::

Hasil eksperimen Oma sejak tahun 1971 hingga 1975 inilah yang menjadi tonggak lahirnya genre dangdut. Formula Oma meledak, Orkes Melayu telah bertransformasi ke dalam format baru yang segar. Tidak ada istilah dangdut sebelumnya hingga pada suatu saat sebuah tulisan di majalah Aktuil yang sebenarnya sebuah celaan menyebut istilah dangdut bagi musik hasil transformasi Orkes Melayu ini.

Dangdut yang awalnya identik dengan musik di kampung-kampung kini mulai merambah kota perlahan-lahan, seperti di Jakarta di sebuah gang pengap Planet Senen, tempat pelacur, pemulung, maling, dan buruh jadi satu. Bagi orang yang pro terhadap konsep antikemapanan dalam bermusik, dangdut adalah simbol pemberontakan, mirip dengan spirit rock.

Mungkin ini juga menjadi salah satu mulainya pertikaian antara rock dengan dangdut. Dangdut sell out, para puritan Orkes Melayu Deli menolak revolusi musik dangdut, sementara dangdut mulai menempati panggung-panggung di Senayan dan yang jelas massa semakin kuat. Grass root, akar semakin kuat, cukong-cukong label rekaman mencium rupiah di sana.

Salah satu contoh adalah lahirnya Dangdut Version oleh Koes Plus, Bimbo, The Mercy’s, D’Lloyd, Favorite’s Grup hingga AKA mewakili keluarga besar Remaco sangat mendominasi. Kubu rock semakin gerah dengan pergerakan dangdut ini, mulailah muncul cercaan bertubi-tubi, julukan musik kampungan pun mulai melekat.

Kegilaan ini berakhir di penghujung tahun 1977 tanggal 31 Desember, konser damai digelar di Istora Senayan dengan sebutan panggung Duel Soneta dan God Bless, yang berujung aman.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.