Oleh: Yudikelana | September 12, 2009

Rhoma Patenkan Musik Dangdut


Sumber artikel Rajadangdut

guitarRaja Dangdut Rhoma Irama tengah mengurus hak paten musik dangdut sebagai musik Indonesia. “Saat ini prosesnya sedang diajukan ke Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Dephukham),” katanya.

Gonjang-ganjing banyaknya karya kesenian asli Indonesia dicuri pihak bangsa lain, mendorong Rhoma buru-buru membuat hak paten musik dangdut. Namun Rhoma juga memberi peluang kepada pihak mana saja yang merasa lebih berhak dengan musik dangdut untuk mengklaim.

“Sebab untuk mendapatkan hak paten musik dangdut ini diperlukan adanya klaim dari satu figur. Nah sebelum ada figure yang mau mengklaim musik dangdut sebagai musik kita, saya maju,” kata Ketua Umum Persatuan Artis dan Musisi Melayu (Dangdut) Indonesia (PAMMI). Oleh karenanya, Rhoma menambahkan, jika ada figur lain yang merasa lebih berhak dirinya akan mundur dan mendukung klaim hak paten itu.

Maklumlah, perkembangan musik dangdut selama 30-an tahun belakangan sudah mencapai dunia internasional. Meskipun masih ada perdebatan antara musik dangdut sebagai ambilan dari India dengan perkembangan musik Melayu yang khas di Indonesia. Pada perjalanannya, beberapa negara seperti Jepang, Korea termasuk Amerika telah lama mempelajari musik dangdut. “Saya pikir sudah waktunya karya bangsa ini dicatat dan dipatenkan supaya tidak lagi diklaim pihak asing,” tambah Bang Haji


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: