Oleh: Yudikelana | September 12, 2009

Koran Asia Week Mendaulat Rhoma Irama Sebagai Bintang Asia Tenggara 1985


Sumber Artikel Rajadangdut

jaka12Pada penghujung bulan Juli 1985, Rhoma Irama bersama grup Sonetanya menghentak stadium negara Kuala Lumpur, Malaysia. Menurut catatan wartawan Asia Week waktu itu, tak kurang 12 ribu penonton menikmati pertunjukannya. Sebagian besar, kata tulisan itu, adalah warga negara Indonesia yang diperantauan. Meskipun tak sedikit kalangan muda Malaysia terkagum-kagum atas penampilan Rhoma dan Sonetanya.

Asia Week lalu menulis, Rhoma Irama yang saat itu berusia 38 tahun merupakan bintang terbesar Asia Tenggara (The Star of Asean). Pandangan orang tentang musik Melayu yang semula kurang menggigit mengalami perubahan di tangan Rhoma. Accordeon diganti synthesizer, keyboard sekelas penampilan musik hard rock, dan segala pembaharuan lainnya. “Syairnya Rhoma lebih mewakili pandangannya tentang agama,” kata tulisan tersebut.

Penampilannya di Malaysia saat itu menjadi catatan sendiri yang memperluas jaringan penggemarnya di luar negeri. Hingga kini, nama Rhoma dan Soneta masih melegenda di negeri jiran yang kini tengah banyak “urusan” dengan bangsa Indonesia itu. Bagaimanapun tak bisa dipungkiri, bahkan di Kesultanan Kedah nama Rhoma Irama begitu harum hingga sejak tahun lalu dilibatkan pada acara-acara penting di negeri itu. Bukan saja di Malaysia, Rhoma juga memiliki penggemar fanatik di Singapura, Brunei dan Negari jiran lainnya


Responses

  1. hehe… kirain asia week yg baru terbit

  2. mantaaap…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: