Oleh: Yudikelana | Agustus 4, 2008

Tampang Gedongan


Naiknya citra dangdut tak cuma dari segi lirik dan dinamika musiknya, tapi juga para penyanyinya. “Reynold dan Camelia Malik misalnya, jelas bukan dari kalangan bawah. Kini juga ada Trio BAM yang cantik-cantik, tampangnya gedongan, ada yang mahasiswi Perbanas, tapi mereka nggak malu berdangdut,” ujar Bens Leo pengamat musik.

“Nggak relevan lagi menyebut dangdut sebagai musik kelas bawah,” ucap seorang penyanyi Camelia Malik dengan nada ketus. Menurut Nyonya Harry Capri ini citra dangdut sedang bergeser ke atas. Musik ini muncul di mana-mana. Diskotek yang nyaris didominasi musik Barat dan cenderung untuk kalangan atas, kini juga diserbu dangdut. Para pejogetnya pun tak segan-segan meliuk-liukkan tubuh mengikuti irama dangdut yang memang mengasyikkan itu. Manari Pub yang menggelar dangdut dua kali seminggu, penggemarnya bermobil.

Radio khusus dangdut pun bermunculan. Di Jakarta misalnya, ada Radio Agustina di jalur AM dan Radio Sakti Budi Bakti di jalur FM Stereo. Akhir Mei lalu, Pangdam Jaya Mayjen Hendropriyono meresmikan FM Muara, radio dengan spesialisasi dangdut, merupakan usahabersama pasangan Camelia Malik dan Harry Capri, dengan Rhoma Irama, serta Sys NS.

Di bisnis rekaman, tak kurang dari 20 kaset dangdut baru terbit tiap bulan. “Ini berarti sepertiga dari seluruh kaset berbagai jenis musik yang dirilis tiap bulan,” ungkap seorang pedagang di Harco Glodok, Jakarta.

Pemusik dan penyanyi baru pun bermunculan seperti Ona Sutra dan Vety Vera. Sementara nama Rhoma Irama, Elvie Sukaesih dan Camelia Malik terus berkibar. Bahkan banyak penyanyi pop mengutip rezeki ‘tetangga’ macam Heidy Diana dengan Di Mana Ada Kamu Di Situ Ada Aku yang disebut pop dangdut. Ini semua cerminan berjayanya dangdut dalam bidang musik rekaman.


Responses

  1. Bagus jg infonya. Thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: