Oleh: Yudikelana | Agustus 4, 2008

Elvie mengalahkan madonna?…


Inovasi kreatif memang membuat dangdut jadi lebih variatif. Bens Leo mengatakan, “Dangdut yang statis, cuma puas dengan pakem yang ada, akan kehilangan penggemarnya.”

Begitukah? Masyarakat boleh memilih, yang gaya disko atau dangdut dinamis garapan Rhoma. Dangdut konvensional, dengan penggemar tradisionalnya, juga bertahan. “Bahkan di luar negeri, dangdut konvensional ini pun memperoleh tempat. Tak cuma di Jepang, beberapa perusahaan rekaman di AS juga memasarkan CD-nya,” tutur Bens Leo.

Elvie Sukaesih yang konvensional, tahun 1991 memang sukses menggoyang penonton gedung Shibuya, Tokyo. Bahkan majalah musik bergengsi Japan Music Magazine memberi Elvie penghargaan sensasional sebagai The Best Tokyo Live Show 1991. Padahal tahun yang sama artis kondang dunia, Madonna juga pentas di Jepang.

Jepang memang ibarat rumah dengan pintu terbuka bagi dangdut. Lagu Kopi Dangdut (dinyanyikan oleh Fahmi Shahab dan Elly Sanjaya) yang laris di Indonesia, juga diedarkan di Jepang dalam bentuk CD.

Akhir April lalu, Rhoma Irama juga menandatangani Memorandum of Understanding dengan Tanaka dari Life Record Jepang di Tokyo. Sebanyak 200 buah judul lagunya akan direkam ke dalam bahasa Inggris dan Jepang, untuk diedarkan di pasar Internasional. Rencananya lagu-lagu itu dibuat dalam bentuk laser disc (LD) dan compact disc (CD).

Mungkinkah musik kelas marjinal ini sukses menembus pasaran dunia? “Kenapa tidak?” tukas Bens Leo. “Kita seharusnya bangga bahwa ada musik yang digali dari khasanah Indonesia yang sangat disukai hingga jauh ke Jepang. Perlu diingat, Jepang adalah satu dari tiga negara selain AS dan Inggris, yang selama ini menjadi tolok ukur untuk suksesnya musik dunia,” lanjut Bens. Berarti dangdut sudah memasuki sepertiga tolok ukur dunia.

Nah, Anda suka dangdut?

Heryus Saputro
Bahan:
Suzanty Sitorus, HS
Foto: HS, Suz, AMD, Dok. Citra


Responses

  1. ELVI SUKAESI MEMANG LUAR BIASA SUARANYA YG MERDU COCOK SEKALI DUWET SM H RHOMA AKU PALING SUKA DGN LAGU”NYA RHOMA DGN ELVI APA LG LAGUNYA SURAT CERAI DN LG RUJUK HEM…..LUAR BIASA…..

  2. Suara umi elvi emang lain dari yg lain..mamaku fans berat umi elvi lo. Oh ya, minta lagu cincin kepalsuan nya umi elvi dong.. Dtunggu ya!

  3. aku orang jogja,dari dulu aku fans berat umi elvy, hampir smua lagunya ,aku hafal di luar kepala,ssayang sekali kaset2 elvy koleksiku pada raib, di pinjam gak di balikin,bagi teman2 yang punya koleksi,bagi2 dong,beli jg gpp,ato punya info dmn beli kaset elvy yang asli,akan aku borong semua


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: