Oleh: Yudikelana | Agustus 4, 2008

Dangdut Go Internasional


“Tema-tema sosial dan lingkungan hidup, tema-tema dakwah Islam, digarap dan disampaikannya dengan pesan yang enak, sederhana dan tidak menggurui. Musik Rhoma adalah musik yang penggemarnya terbesar di Indonesia, hingga saat ini,” lanjut Bens. Begitu populernya Rhoma sampai majalah musik bergengsi, Billboard, khusus mengirim wartawannya dari Singapura untuk menonton pagelaran musik Rhoma. Tepatlah ia dijuluki Raja Dangdut, dan profilnya ditulis di majalah Newsweek.

Ternyata musik Rhoma juga menarik perhatian Prof. William H Frederick. Doktor Sosiologi Universitas Ohio, AS, itu melakukan penelitian khusus tentang musik Rhoma Irama. Dari disertasinya itu lagu dangdut kian dikenal di luar Indonesia, khususnya Amerika.

Pembaruan di jalur dangdut tak berhenti. Menyusul Rhoma yang terus berjaya, tahun 1985 muncul inovasi baru dari tangan Reynold Panggabean dengan OM Tarantulla. Mantan penabuh drum grup band The Mercy’s ini masuk ke jalur dangdut dengan menggabungkan musik dangdut dengan musik Timur Tengah, dan rock. Bahkan untuk rekaman, Tarantulla sempat didukung musisi rock beneran seperti Harry Anggoman dan Ian Antono. Bens Leo menyebutnya dangdut Latin, karena unsur perkusi yang dominan dengan gaya-pukul yang khas Amerika Latin.

Sebagaimana Rhoma, Reynold dan Tarantulla-nya jugatak cuma bagus di rekaman. “Live show mereka juga mampu menyuguhkan penampilan yang spektakuler, bukan erotisme lagi. Erotisme di sini misalnya, penyanyinya berbusana seronok. Akibatnya penonton akan terpaku pada penyanyinya, bukan pada lagunya. Rhoma dan Reynold tidak melakukan hal itu. Penampilan Soneta ataupun Tarantulla saat itu benar-benar spektakuler,” kata Bens. Aksi panggung yang luar biasa, peralatan musik, sound system dan lighting-nya sangat canggih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: